Berita
Wisata Edukasi Peserta Jamnas Kunjungi Istana Bogor, dan Kebun Raya Bogor

Jakarta, Hari Kedua pelaksanaan Jambore Nasional ke X 2000 peserta diberangkatkan menuju Kota Bogor untuk mengikuti kegiatan pengenalan masyarakat dan wisata edukasi. Ada dua lokasi yang dikunjungi peserta yakni Jakarta dan Bogor.‎

Ketua Seksi Kegiatan Jamnas Bidang Pengenalan Masyarakat dan Wisata Edukasi ‎Kak Nurdin mengatakan, untuk kunjungan ke Bogor peserta diarahkan ke Kebun Raya Bogor, Istana Bogor dan Kantor Wali Kota Bogor. 

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar pramuka lebih mengenal masyarakat di sekitar, dan tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah dan nilai budaya. 

“Kita ingin pramuka itu dekat dengan masyarakat. Pramuka tidak hanya dikenal oleh pramuka saja, tapi juga masyarakat luar baik di pemerintahan atau luar pemerintahan,” tuturnya, Senin (15/8/2016).

Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor dinilai punya nilai sejarah dan nilai budaya yang bisa memperkuat rasa nasionalisme setiap anggota pramuka. Sebab, kunjungan ini juga bagian dari wisata edukasi. 

“Kenapa edukasi? Karena di semua kegiatan pramuka harus punyai nilai edukasi,” ucapnya. ‎

Andalan Nasional Kwarnas urusan Lingkungan Hidup ini wisata edukasi juga dilakukan ditempat-tempat lain yakni Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, dan juga instansi-instansi ‎pemerintah. ‎

“Jadi kedatangan pramuka tidak hanya sekedar jalan-jalan tapi ada nilai edukasinya” jelasnya. 

‎Kegiatan pengenalan masyarakat dan wisata edukasi dilaksanakan selama empat hari. Setidaknya 5200 peserta Jamnas yang setiap hari diberangkatkan menuju Bogor dan Jakarta dengan menggunakan 100 armada bus.

Jamnas sendiri dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur 14-21 Agustus dengan peserta 25.000. Acara pembukaan kemarin dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri, dan sejumlah kepala daerah. (HA/Humas Kwarnas)