Berita
Waka Kominfo Kwarnas: Ini yang Menarik dari Jamnas 2016‎

Jakarta, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Komunikasi dan Informasi Kak Lusia Adinda Lebu Raya menyebut banyak hal yang menarik dari perhelatan akbar Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur. 

Setelah 20 tahun lamanya Jamnas kembali dilaksanakan di Cibubur ‎dengan jumlah peserta terbanyak yakni 25 ribu orang, serta diikuti oleh peserta luar negeri dari sembilan negara. Menurutnya, menariknya Jamnas sudah terlihat pada saat pembukaan.

“Kita tahu pada saat pembukaan Jamnas, dihadiri oleh Presiden, dan sejumlah tokoh serta pejabat negara. Puluhan ribu peserta juga terlihat sangat antusias dan penuh semangat menampilkan berbagai atraksi yang unik-unik dan menarik,” ujar Kak Lusia, kepada Humas Kwarnas, Kamis (18/8).

Dengan luas lebih dari 220 hekter, Bumi Perkemahan Cibubur juga dianggap efektif digunakan untuk kegiatan Jamnas. Pasalnya, Kak Lusia melihat, selain jumlah peserta, kegiatan ini juga banyak yang menarik. 

“Banyak hal-hal baru yang ada di Jamnas tahun ini dari segi kegiatan yang ada di lokasi maupun kegiatan di luar,” tuturnya.

Ka‎k Lusia menyebut kegiatan di luar itu, ada pengenal masyarakat, wisata edukasi dan giat petualangan yang tujuannya memberikan pemahaman kepada peserta tentang pendidikan sejarah, budaya, dan sosial kemasyarakatan.

“Di Jamnas peserta diajak untuk mengunjungi, Monumen Nasional, kantor-kantor instansi pemerintah, Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, Lubang Buaya, TMII, sampai wahana Jungle Land. Pokoknya banyak,” terang Kak Lusia ‎

Selain itu, lanjut dia, untuk kegiatan di dalam, peserta Jamnas juga diajari tentang bagaimana cara ‎mengoprasikan pesawat terbang, pembuatan pesawat Chuk Glider, dan terjun payung yang tergabung dalam kegiatan Teknologi dan Seni Budaya (TSB).

“Pokoknya banyak yang menarik, ada GDV, giat air, giat wawasan yang intinya bagaimana menjadikan Jamnas ini Keren, Gembira, Asyik sesuai dengan tema,” tutup Kak Lusia yang juga menjadi Ketua Kwartir Daerah dari NTT. ‎

Istri Gu‎bernur NTT ini menambahkan, dirinya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Presiden Jokowi selaku Majelis Pembimbing Nasional yang sudah mendukung kegiatan Jamnas, sehingga bisa terlaksana dengan baik.

“Saya juga terkesan dengan pidato pembukaan Ka Kwarnas (Adhyaksa Dault). Menurut saya itu tegad dari seorang Ka Kwarnas yang luar biasa, bagaimana dia berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan Pramuka Indonesia, mestinya itu diikuti oleh yang lain,” ucapnya. ‎

Jamnas sendiri sudah berlangsung selama lima hari sejak dibuka 14 Agustus kemarin dan akan ditutup pada 21 Agustus. Bertepatan pada Hu RI ke 71, 25 ribu peserta Jamnas merayakan upacara kemerdekaan dengan menampilkan festival budaya. (HA/Humas Kwarnas)