Berita
Tampil Unik, Adik-adik Pramuka Bali Kenakan Udeng

Jakarta – Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta penuh dengan penampilan unik dari masing-masing daerah. Salah satunya penampilan unik dari adik-adik pramuka Kabupaten Jembrana, Bali Barat, yang mengenakan ikat kepala khas daerah Bali “Udeng,”.

Ya, Udeng adalah sejenis ikat kepala yang terbuat dari kain dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar setengah meter. Biasanya masyarakat Bali menggunakan udeng dalam pertemuan informal, acara-acara resmi, hingga ritual peribadahan dan upacara keagamaan.

Ketika beribadah di pura, Udeng digunakan untuk mencegah adanya rambut yang rontok dan dapat melanggar kesucian pura. Udeng yang digunakan saat beribadah umumnya berwarna putih polos.

“di Jamnas X 2016 kita mengajak adik-adik pramuka untuk mempromosikan budaya Bali. Selain itu, kita mengajarkan adik-adik untuk mudah bergaul dan membaur dengan teman-teman dari daerah lain. Mereka juga kita ajarkan untuk mandiri, mempererat persaudaran dan rasa kepedulian, ” kata Kak Dewi sebagai perwakilan Kwarcab Kab Jembrana, Bali, Sabtu (13/8).

Selain mengenakan Udeng, adik-adik pramuka juga membuat yel-yel dan tenda khas Kabupaten Jembrana.

“Jamnas X 2016, Pramuka Keren, Gembira, Asyik, ” ucap Kak Dewi bersama adik-adik pramuka. (Hendi / Relawan Media)