Berita
Presiden Jokowi Minta Pramuka Maksimalkan Medsos

Seharian, Selamat Hari Pramuka Jadi Trending Topic Nomor 1 di Medsos

Jakarta – Kemeriahan Hari Pramuka sudah mulai terasa sejak Sabtu (13/8) kemarin di media sosial. Ini ditandai dengan bertenggernya tagar #HariPramuka55 di trending topic Twitter. Puncaknya, pada Minggu pagi tadi (14/8), sejak jam 05.30 pagi hingga berita ini ditulis pada 13.20 WIB ucapan Selamat Hari Pramuka membanjiri media sosial dan berada di urutan pertama.

Dalam sambutannya di hadapan 25 ribu peserta Jambore Nasional X di Cibubur Jakarta, Presiden Jokowi meminta agar Gerakan Pramuka memaksimalkan medsos untuk membumikan nilai-nilai Pramuka.

“Mari gunakan medsos untuk menyebarkan pesan-pesan Gerakan Pramuka. Gunakan medsos untuk menarik anak-anak terlibat dalam kegiatan Pramuka yang keren dan menyenangkan. Medsos jangan dipergunakan untuk menebar kebencian, jangan asal bunyi di medsos, serta ungkapan yang tidak produktif. Jangan sampai terjadi,” tegas Jokowi pada saat membuka Jambore Nasional di Cibubur tadi pagi.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla lewat akun twitter @Pak_JK tak ketinggalan juga mengucapkan selamat hari jadi Pramuka ke-55. “Selamat Hari Pramuka. Semoga dari Gerakan Pramuka lahir tunas-tunas muda pemimpin masa depan Indonesia,” tulisnya.

Ucapan selamat Hari Pramuka juga diberikan oleh pimpinan lembaga-lembaga tinggi negara. Ketua MPR, Zulkifli Hasan lewat akun Twitter @Zul_Hasan menulis cuitan, “Dari Ponpes Darunnajah, saya ucapkan Selamat Hari Pramuka. Ayo siapkan diri jadi pemimpin bangsa.”

Di waktu yang sama, akun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuliskan di akun resminya @KPK_RI, “Selamat Hari Pramuka! Cipatakan warga negara yang bertakwa, menjujung tinggi nilai-nilai Pancasila serta jauh dari korupsi.”

Ucapan Selamat Hari Pramuka juga disampaikan Sekretaris Kabinet, Pramomo Anung lewat akun @setkabgoid. Pramono bahkan secara khusus membuat video yang diupload di Youtube. Dia berpesan agar Gerakan Pramuka terus memberikan kebahagiaan kepada anak-anak dan peka terhadap perkembangan zaman. “Pramuka semakin baik, namun harus terus ditingkatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault sejak pagi sudah mentwit lewat akun twitter @adhydault, “Selamat #HariPramuka55, 1961-2016, trims atas gotong royong semuanya untuk suksesnya acara anak2 kita.”

Menanggapi hal ini, Hariqo Wibawa Satria, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Urusan Kominfo menjelaskan, ucapan “Selamat Hari Pramuka” disampaikan oleh netizen dari Aceh hingga Papua, bahkan dari luar negeri. Dia menjelaskan, panitia kegiatan Jambore Nasional X 2016 banyak dibantu oleh tim relawan media yang datang dari berbagai daerah dengan biaya sendiri.

“Trending topic Hari Pramuka di medsos hari ini tidak akan ada tanpa dukungan masyarakat. Terima kasih kami haturkan. Kami juga berterima kasih atas bantuan besar yang diberikan relawan media dari berbagai daerah. Mereka datang ke Cibubur membawa kamera, laptop, dan perlengkapan liputan sendiri dengan ikhlas. Mereka pramuka sejati.” jelasnya.

Hariqo menambahkan, di Pramuka, medsos digunakan untuk dua hal; membumikan Pramuka dan membela kepentingan nasional. (Hendi/Relawan Media. Editor: Agus Khudlori)