Berita
Peserta Jamnas Ditargetkan Punya Seribu Teman Baru

Jakarta, Jambore Nasional ke X yang mempertemukan seluruh suku dan budaya di Indonesia tidak hanya dijadikan sebagai wadah bagi peserta untuk mengekspresikan diri dan berekreasi, tapi juga dijadikan kesempatan bagi mereka untuk saling mengenal.

Berdasarkan pantuan Humas Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, sehari sebelum pembukaan Jamnas berlangsung, para peserta sudah banyak yang memegang buku saku berisi biodata teman-teman barunya. 

Kak Valeria misalnya dari Kontingen Papua Selatan, dalam satu hari ia sudah memilik data 200 teman baru dari berbagai daerah. ‎Ia mengatakan, diminta oleh pembinaannya untuk memiliki teman baru, minimal seribu orang.

“Ya, ini kita lagi tukar biodata kak mencari teman baru, targetnya seribu teman,” ucap Kak Valeria di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, Sabtu (13/8/2016).

Demikian juga dengan para peserta yang lain, mereka saling tukur menukar biodata, dari nama, no telpon, alamat email, media sosial, alamat rumah, tanggal lahir dan nama kontingennya.

“Rasanya senang, di sini kita jadi punya banyak teman baru dari daerah yang belum kita jumpa,” kata Kak Valira dengan muka senyum.

Kak Valiria mengaku, sudah punya teman baru dari Kontingen  Bali, Surabaya, Bandung‎, Aceh, Padang, Jakarta, Pontianak dan Manado. Ia yakin, selama Jamnas berlangsung target seribu teman akan tercapai. “Seribu ini sedikit, pesertannya kan ada 25 ribu,” tuturnya dengan semangat.

Terdengar juga cletukan dari Kontingen Bali yang menanyakan kepada peserta Kontingen Aceh tentang pariwisata apa yang bagus di sana beserta makanan khasnya. “Ada Pantai Lampuuk, Pantai Ulee, pokoknya nggak kalah dengan Kuta Bali,” tuturnya. 

Jamnas sendiri berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur 14-21 Agustus 2016. Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari luar negeri sebanyak 255 orang. Dan rencananya, Jamnas akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. ‎ (HA / Humas Kwarnas)