Berita
PERTAMA BERKUNJUNG, ANGGOTA PRAMUKA KAGUMI TMII

Jakarta—Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu tempat yang dikunjungi ribuan peserta Jamnas 2016 hari ini (16/8). Kunjungan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengenalan masyarakat dan wisata edukasi.

Ketua seksi kegiatan Jamnas bidang Pengenalan Masyarakat dan Wisata Edukasi Kak Nurdin mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan agar Pramuka lebih mengenal masyarakat serta tempat sekitar yang memiliki nilai sejarah dan budaya. “Ini tidak hanya dapat membangkitkan kebanggan peserta sebagai rakyat Indonesia, namun juga mampu menambah referensi wawasan budaya Indonesia,” tegasnya.

Dalam lawatan ke TMII tersebut, peserta bukan hanya berkenalan dengan kawan-kawan dari seluruh Indonesia, namun juga mengunjungi taman rekreasi yang berisi gambaran kebudayaan Nusantara. Mereka mengaku sangat berkesan dengan anjungan-anjungan daerah dari 34 provinsi di TMII. Bahkan banyak di antara mereka baru pertama kali berkunjung ke kawasan wisata budaya tersebut. Khairiyah (14), peserta asal kontengen Sulawesi Barat, misalnya. Dia terkagum-kagum saat melihat replika miniatur Indonesia di TMII.

“Enggak nyangka banget sudah bisa kepilih jadi peserta Jamnas dan diajak kunjungan ke tempat ini. Ini yang pertama dan serasa keliling Indonesia walau tidak sampai mengunjungi semuanya karena waktu dan tenaga,” ungkapnya saat diwawancarai usai kegiatan tersebut. (Apep/Tim Media. Editor: Agus Khudlori)