Berita
Lima Pesan Kak Adhyaksa Pada Adik-adik Usai Mengikuti Jamnas 2016

Jakarta – Jambore Nasional (Jamnas) ke 10 yang berlangsung dari tanggal 14-21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta,  telah selesai dilaksanakan, Sabtu (20/8). Rangkaian penutupan acara Jamnas 2016 dimeriahkan beberapa penampilan seni tari dari kontingen daerah, upacara api unggun, penyerahan sertifikat rekor dan penampilan penyanyi cantik Raisa Andriana.

Penutupan acara juga dihadiri Presiden RI Ke 5 Kak Megawati Soekarno Putri yang menerima tanda penghargaan tertinggi pramuka yakni tanda  Tunas Kencana. Penghargaan itu langsung disematkan oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault kepada Kak Megawati.

Usai penutupan acara Kak Adhyaksa mengatakan, setelah mengikuti Jamnas adik-adik pramuka harus mengambil spirit utama dari kegiatan pramuka. Jangan sampai pulang dari Jamnas adik-adik pramuka tidak tahu apa pelajaran penting yang mesti diambil.

“Ingat dan laksanakan Tri Satya dan Dasa Darma mu,” kata Kak Adhyaksa.

Kak Adhyaksa menuturkan, ada lima pesan yang dia titipkan pada adik-adik pramuka usai mengikuti Jamnas 2015. Pertama, sampaikan salam kakak-kakak pramuka pada orang tua adik-adik, ke Dua ceritakan dan berbagilah dengan teman-teman tentang pengalaman mengikuti Jamnas, ke Tiga buatlah tulisan, video dan foto yang positif tentang Jamnas dan gerakan pramuka, Ke Empat buatlah jaringan Alumni Jamnas yang kuat dan ke Lima pupuk dan jaga terus kebanggaan, rasa memiliki dan kecintaan kalian terhadap gerakan pramuka.

“Jangalah memberlakukan pramuka ini sebagai hal yang rutin atau sebagai program yang biasa, itu salah besar, jika itu terus dilakukan maka dimasa depan pramuka bisa mati suri,” tutur kak Adhyaksa.

Ke depan pramuka harus mampu menjadi lokomotif perubahan  ujung tombak pembentukan karakter anak bangsa. Kunci perubahan itu adalah ‘Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana’ artinya pramuka mesti sama antara kata dan perbuatan, menjadi contoh dan teladan.

“Jadilah pramuka sejati,”ucap Kak Adhyaksa.

Terakhir kata Adhyaksa mengutip pesan Presiden Soekarno, “Engkau dipersiapkan untuk pembangunan semesta yang sehebat-hebatnya. Engkau dipersiapkan menjadi warga negara RI yang setinggi-tingginya, nilai dan mutu. Karena itu engkau sebagai anggota Pramuka harus benar-benar merasa tanggung jawab itu,”. (Hendi/Relawan Media)