Berita
KAWAL JAMBORE NASIONAL, 1.836 POLISI DISIAGAKAN

Jakarta – Polda Metro Jaya bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar apel siaga terkait pengamanan dan kesiapan Jambore Nasional X, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 12 Agustus 2016.

Apel ini dihadiri langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Moechgiyarto dan Ketua Kwarnas Adhyaksa Daut. Jambore Nasional X akan digelar di Bumi Perkemahan Wisata (Buperta) Cibubur, pada 14 sampai 21 Agustus 2016.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto mengatakan, Polda Metro Jaya siap mengawal jalannya acara Jambore Nasional X. Menurutnya, untuk melakukan pengamanan pihaknya telah mengerahkan sebanyak 1.836 personel.

“Nanti akan diamankan di radius Buperta ini ada sekitar 210 hektare. Itu yang akan jadi titik pengamanan kami,” kata Moechgiyarto di Buperta Cibubur, Jumat, 12 Agustus 2016.

Moechgiyarto mengatakan, pengamanan tidak hanya di lokasi tempat perkemahan tapi juga di luar perkemahan. Selain itu, pihaknya juga melakukan pengamanan di sepanjang rute yang dilewati para peserta untuk mencapai lokasi jambore.

“Rute-rute (perjalanan peserta), lokasi parkir juga turut kami amankan. Juga di tempat-tempat di mana kegiatan ini dilakukan,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault mengatakan, para peserta yang mengikuti Jambore Nasional 2016 ini sebanyak 26 ribu peserta. Para peserta datang dari masing-masing Kwartir Cabang yang ada di seluruh Indonesia.

Menurutnya, acara ini akan dibuka pada Minggu, 14 Agustus 2016. Dalam acara pembukaan Jambore Nasional X 2016 ini, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri pembukaan tersebut.

“Iya Insya Allah pak Presiden dan pak Wakil Presiden bisa hadir saat pembukaan nanti,” ujarnya.

Sumber: ntmcpolri.info