Berita
Jokowi: Generasi Anak Bangsa Ada di Tangan Pramuka

Jakarta – Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka resmi membuka Jambore Nasional 2016 dan Peringatan Hari Pramuka ke-55 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur, hari ini (14/8).

Di depan 25 ribu Pramuka dari seluruh penjuru Indonesia, Jokowi menuturkan, Pramuka punya peran penting dalam pembangunan karakter bangsa yang mandiri, berani, dan disiplin.

“Kalian di masa yang akan datang akan menjadi seorang pemimpin. Bangsa ini adalah bangsa besar dengan bentangan geografis yang luas,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengingatkan kembali nilai-nilai luhur Pramuka yang terkandung dalam Trisatya dan Dasadharma sebagai pegangan hidup. ‎”Pramuka punya Dasadarma, jalankan itu dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Untuk mencapai kemajuan Pramuka, Jokowi juga menyinggung pentingnya transformasi teknologi yang semakin maju. Dia meminta seluruh anggota Pramuka bisa memanfaatkan teknolgi sebagai cara pengembangan Pramuka ke arah yang lebih baik.

“Jangan gunakan media sosial untuk hal-hal negatif dan tidak produktif. Untuk menyebar kebencian, jangan! Untuk mengolok-olok, jangan!” Tegasnya.

‎Pembukaan Jamnas X itu dihadiri sejumlah tokoh, pejabat negara dan kepala daerah, di antaranya, Menko PMK Puan Maharani,  Menteri Kominfo Rudiantara, Gubernur Banten Rano Karno, dan lain-lain. (HA/Humas Kwarnas. Editor: Agus Khudlori)