Berita
Jokowi dan Megawati Akan Menghadiri Pembukaan Jamnas

Jakarta, Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka akan menghadiri acara pembukaan Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur 14 Agustus 2016 pukul 08.00 WIB.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Kodrat Pramudho mengatakan, selain Presiden acara pembukaan Jamnas juga akan dihadiri oleh tokoh nasional, pejabat negara dan kepala daerah.

“Selain Presiden, besok akan hadir Ibu Megawati Soekarnoputri, Menteri Komunikasi dan Informasi Kak Rudiantara Menko PMK, Puan Maharani, Menpora, Gubernur DKI, kepala daerah, dan juga pimpinan pramuka dari negara-negara ASEAN,” ujarnya, di Cibubur, Sabtu (13/8/2016).

Menurutnya, Jamnas kali akan berlangsung meriah karena diikuti 25 ribu peserta dalam dalam negeri dan 255 luar negeri dari di sembilan negara. ‎Mereka semua akan dikumpulkan di lapangan utama pada saat acara pembukaan.

“Lapangan ini nantinya berubah menjadi coklat (seragam pramuka),” ucapnya.

Siang ini, pihak panitia penyelenggara telah mengadakan gladi bersih untuk upacara pembukaan Jamnas  sekaligus bertepatan dengan hari Pramuka yang ke 55 tahun.

Dalam upacara pembukaan itu, rencananya dari pihak Kwarnas akan memberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang dinilai, punya kontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Pramuka Indonesia. “Penghargaan tertinggi yang akan diberikan adalah Melati,” ucapnya.

Upacara pembukaan juga akan diselingi dengan penampilan kesenian daerah, seperti Wayang Hihid dari Bogor. Kesenian ini menggambarkan padi sebagai sumber kemakmuran rakyat Bogor. ‎(HA / Humas Kwarnas)