Berita
Ini yang Dibahas Antara Kwarnas dan Menpora Usai Jamnas

Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Kantor Kemenpora, Rabu (31/8/2016). Pertemuan tersebut sekedar melaporkan hasil kegiatan Jambore Nasional ke X di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 14-21 Agustus 2016.

Pertemuan dihadiri oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault didampingi oleh Sesjen Kak Rafly Effendy, Waka Bidang Organisasi dan Hukum Kak Kodrat Pramudho dan Waka Bidang Bina Anggota Dewasa Kak Susi Yuliati. 

Kak Adhyaksa menyatakan terima kasih, kepada Menpora yang sudah memberikan suport dan dukungan atas terselenggaranya Jamnas X. Dimana Jamnas ini adalah kegiatan perkemahan sekala besar yang melibatkan banyak pihak.

“Kita ucapkan terima kasih Pak Menteri, Jamnas alhamdullilah sudah selesai dan berjalan dengan lancar,” ujar Kak Adhyaksa. 

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini tidak lupa menyampaikan, bahwa tahun depan juga akan diadakan perkemahan besar untuk Pramuka Penegak atau Raimuna. Sama halnya dengan Jamnas, Raimuna akan dilaksanakan di Cibubur.

“Tahun depan 2017 kita juga akan melaksanakan Raimuna untuk Pramuka Penegak. Pesertanya sekitar 17 ribu,” terangnya.

Sementara itu, Kak Rafly melaporkan bahwa selama kegiatan Jamnas banyak fasilitas umum yang sudah diperbaiki, dari wisma, tempat ibadah, kamar mandi. Semua sudah terangkum laporannya dengan baik dan siap dipertanggungjawabkan. 

“Jamnas kemarin kita punya 70 kamar mandi permanen, 30 non permanen. Semua kita fungsikan untuk peserta kegiatan Jamnas. Semua fasilitas kita juga sudah diperbaiki untuk kenyamanan peserta,” jelasnya.

Adapun Kak Kodrat hanya menyampaikan, bahwa Kwarnas masih fokus untuk menyiapkan revisi Undang-Undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Pihak Kwarnas menginginkan agar Pramuka kembali di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kita ingin mengembalikan, Pramuka di bawah Kemendikbud. Karena, anggota Pramuka kebanyakan bukan pemuda, tapi anak-anak yang masih sekolah,” terangnya.

Menutup pertemuan, Kak Imam juga menyampaikan terima kasih atas kedatangan Kwarnas. Ia mengapresiasi Jamnas sudah terlaksana dengan baik, meski diakui dukungan yang diberikan belum sepenuhnya maksimal.

“‎Sama-sama terima kasih, apa yang sudah kita berikan bisa digunakan dengan baik demi suksesnya Jamnas. Program-program seperti memang perlu kita dukung sebagai spirit anak muda dalam berkarya,” jelasnya. (HA / Humas Kwarnas). ‎