Berita
Ini Pesan Tersembunyi dalam Mars Jamnas 2016

Jakarta – Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) 2016 merupakan sarana rekreasi edukatif (bermain dan belajar) di alam terbuka yang bertujuan membentuk watak, meningkatkan rasa kemandirian dan keterampilan. Sebanyak 25.000 pramuka tingkat penggalang dari seluruh Indonesia dilatih untuk itu di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Senada dengan hal diatas, pencipta Mars Jambore Nasional 2016, Kak Yusak berpesan agar Pramuka selalu menghayati dan mengamalkan trisatya dan dasa dharma. Menurutnya, mars yang berdurasi 2 menit 4 deti ini bercerita tentang pramuka penggalang yang belajar giat, bekerja keras dan berkarakter layaknya Pramuka sejati.

“Ada lirik berbunyi ‘mantapkan diri terampil berkarakter Pramuka sejati,’ ini artinya seorang Pramuka harus menghayati nilai-nilai kepramukaan di kehidupan sehari-hari hingga mereka akan menjadi contoh yang berakhlak mulia,” Ujar nya saat diwawancarai di Laptera, Cibubur Jakarta. (19/8)

Selanjutnya, pria bernama lengkap Yusak Manitis Susaryono itu menuturkan, dalam mars juga terdapat lirik “wujudkan Indonesia gemilang,” artinya mars jamnas 2016 ini juga berpesan agar peserta Jamnas X 2016 dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia emas gemilang tahun 2045. Pasalnya, tahun 2045 Indonesia genap berusia 100 tahun. Sebuah usia yang dapat dikatakan sangat matang dalam perjalanan sebuah negara. Sebagai bangsa besar.

“Mars ini adalah pemicu dan pamacu pramuka penggalang. Kelak mereka akan menjadi pemimpin yang jauh dari segala hal yang bisa merugikan kehormatan dirinya. Pemimpin yang mengayomi rakyat berjuang untuk kejujuran,” Tambah nya. (Roby/Humas Kwarnas)