Berita
Ini 5 Pameran Terunik di Jamnas X 2016

Gambaran betapa meriahnya Jamnas X 2016 di Cibubur, Jakarga tampak pada pameran seni dan budaya di Kampung Teknologi Seni Budaya (TSB). Tak kurang 60 stand dari kontingen daerah, instansi pendidikan, budaya, dan lain-lain memeriahkan pameran tersebut.

Di antara puluhan stand tersebut, terdapat beberapa yang unik dan sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda yang berminat mengunjungi kemeriahan #Jamnas2016, berikut 5 stand pameran yang sebaiknya Anda kunjungi. Pasalnya, kelima stand tersebut akan memperluas wawasan Anda. Mau tahu mana saja lokasi unik tersebut? Ini dia!
1. Jawa Timur

jawa timurPameran Kwarda Jawa timur (Foto: Roby/ Humas Kwarnas)

Hal unik pertama di pameran Jawa Timur adalah gapuranya, yang berkonsep Omprok Gandrung. Omprok Gandrung adalah mahkota dari penari gandrung khas Jatim. Dalam sekejap, gapura ini akan menyihir perhatian Anda untuk berkunjung. Di sini juga akan diajarkan bagaimana membatik motif Gajah Oleng, menari Padang Wulan dan Jajar Gandrung oleh para profesional.

2. Jakarta

jakartaPameran Kwarda DKI Jakarta (Foto: Roby/ Humas Kwarnas)

Kurang greget kalau belum nyasar ke stand pameran DKI Jakarta. Di tempat ini, kita akan disambut ondel-ondel besar. Konsepnya pun dikemas mirip Rumah Kebaya, khas Betawi. Juga bagi yang belum pernah nyobain kerak telor, di stand ini disediakan.

3. Bali

baliPameran Kwarda Bali (Foto: Roby:/Humas kwarnas)

Apa yang ada di benak Anda mengenai Bali? Jika datang ke sini, Anda akan disambut euforia alam budaya Bali. Di stand ini diperkenalkan berbagai ornamen dan hasil karya khas yang tidak ada di stand lain. Di sini juga disediakan foto booth bagi peserta yg ingin berfoto dengan Barong. Barong Bali punya unsur cerita dan gerak tari yang kaya makna.

4. Kalimantan Timur

kalimantan timurPameran Kwarda Kalimantan Timur (Foto: Roby:/Humas kwarnas)

Jika Anda berkunjung ke stand pameran Kaltim, maka Anda akan menemukan sebuah musik tradisional yang dikenal dengan julukan Jimbe. Alat musik ini mempunyai ritme berbeda-beda, ada yang konstan, ditabuh bergemuruh, berbunyi tajam, bahkan berbunyi treble, seolah dapat meningkatkan energi spiritual primitif masa lalu. Anda juga akan diajak memainkan musik ini berkolaborasi dengan alat musik lain.

5. Lampung

lampungPameran Kwarda Lampung (Foto: Roby/ Humas Kwarnas)

Di sini Anda akan dikenalkan produk-produk khas Lampung, di antaranya tekstil dan rempah-rempah. Bagi penyuka kopi, wajib datang ke stand Lampung, pasalnya di sini disediakan gratis kopi Lampung sebagai produk unggulan dan dijadwalkan mulai malam ini hinggal 2 hari ke depan Kontingen Daerah (Konda) Lampung akan mengadakan lomba meracik kopi untuk peserta asal Lampung dan umum yang bersedia mendaftar. (Roby/Tim Media. Editor: Agus Khudlori)