Berita
Pramuka dari Seluruh Indonesia Gelar Festival Kuliner di Jamnas 2016

JAKARTA—Beragam kuliner dari seluruh Indonesia tersaji di arena Jamnas X 2016, Cibubur, Jakarta, Sabtu, (20/8). Anggota Pramuka dari 34 Provinsi se-Indonesia menggelar Festival Kuliner dengan menyajikan makanan khas setiap daerah di depan masing-masing gapura perkemahan.

Peserta dari kontingen daerah lain dapat menyicipi aneka masakan tradisional ini secara gratis. Berdasarkan pantauan dilapangan, ada banyak kuliner tradisional Nusantara yang tersaji, antara lain Sambal Rimbang, Hampa Pundung, Ikan Asin Baung dan Ikan Kering Lais dari Kwarcab Katinga, Kalimantan Barat. Sari Apel, Keripik Apel, Keripik Tempe, dan Keripik Bayam dari Kwarcab Malang, Jatim, dan masih banyak lagi.

Kak Nurrochmah Yuliatiningsih, Penanggung Jawab kegiatan mengatakan, Festival Kuliner berperan penting dalam memperkenalkan pangan lokal kepada peserta Jamnas 2016, selain melestarikan budaya kuliner nusantara.

“Kuliner menjadi identitas sebuah kota atau daerah. Sebut saja nasi liwet Solo, salah satu kuliner tradisional Indonesia. Lewat kuliner, secara tak langsung telah mempromosikan kota Solo dengan destinasi wisatanya kepada peserta,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kak Suparto, Pemimpin Kontingen Cabang Katingan, Kalimantan Barat. Menurutnya, festival ini dapat lebih memperkenalkan kuliner Nusantara sebagai salah satu daya tarik daerah.

“Festival ini bisa memberikan informasi aktual dan akurat mengenai berbagai keragaman kuliner Nusantara yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, beserta sejarah dan filosofinya, sehingga adik-adik peserta Jamnas memahami,” ungkapnya. (Robby/Tim Media. Editor: Agus Khudlori)

Beragam kuliner Indonesia berlaga di Jamnas X 2016. Menghadirkan beragam sajian dari 34 provinsi se Indonesia. Festival kuliner ini digelar di depan masing-masing gapura perkemahan, Cibubur, Jakarta. Sabtu, (20/8).

Peserta kontingen lain dapat menyicipi aneka masakan tradisional ini secara gratis. Berdasarkan pantauan banyak hidangan khas yang jadi incaran pengunjung.

Kak Nurrochmah Yuliatiningsih, penanggung jawab kegiatan mengatakan festival kuliner berperan penting dalam memperkenalkan pangan lokal kepada peserta Jamnas 2016, selain itu juga dapat melestarikan kuliner nusantara.

“Kuliner menjadi identitas sebuah kota atau daerah. Sebut nasi liwet Solo, salah satu kuliner tradisional Indonesia. Maka lewat kuliner secara tak langsung telah mempromosikan kota Solo dengan destinasi wisatanya kepada pesera,” kata Kak Rochmah.

Berdasarkan pantauan dilapangan, ada banyak kuliner tradisional nusantara yang tersaji, antara lain Sambal Rimbang, hampa pundung, ikan asin baung dan Ikan kering lais dari Kwarcab Katinga, Kalimantan Barat. Sari apel, kripik apel, kripik tempe kripik bayem dari malang, Jatim. Dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, menurut kak Suparto Pinkoncab Katingan, Kalimantan Barat berucap bahwa festival ini dapat berfungsi lebih memperkenalkan kuliner nusantara sebagai salah satu daya tarik daerah.

“Festival ini bisa memberikan informasi aktual dan akurat mengenai berbagai keragaman kuliner nusantara yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, beserta sejarah dan filosofinya, sehingga adik-adik peserta jamnas memahami.” Ungkap kak Suparto