Berita
Dandim Tegal Terima Estafet Tunas Kelapa

SLAWI – Komandan Kodim 0712 / Tegal, Letkol Inf. Hari Santoso,S.Sos selaku Wakil Ketua Mabicab Tegal menerima penyerahan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke 33 Kwarda Jawa Tengah dari Wakil Bupati Brebes, Narjo SH selaku Wakil Ketua Mabicab Brebes Prosesi berlangsung di halaman SD Selapura 01 Kecamatan Dukuhwaru, Sabtu (27/8) kemarin.

Tampak ribuan Pramuka dari Usia muda sampai dengan anggota dewasa berbaur dengan masyarakat memadati Jalan Raya Selapura – Dukuhwaru, untuk turut menyambut kedatangan pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Ke – 33 tingkat Kwarda Jawa Tengah yang memasuki wilayah Kwartir Cabang Tegal.

Dandim 0712 / Tegal, Letkol Inf. Hari Santoso,S.Sos yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo,SH,M.IP selaku Ketua Mabida Jawa Tengah mengungkapkan, mengingat filosofi dan sejarahnya, kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) bertujuan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka, serta nguri-uri dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan para pejuang kemerdekaan Indonesia. “Maka laksanakanlah dengan segenap “jiwa dan raga” untuk memperkuat rasa kebangsaan, merawat solidaritas dan persaudaraan anggota Pramuka dengan masyarakat, serta mewujudkan kemajuan pembangunan Jawa Tengah,” tandasnya

Lebih dari itu, lanjut Dandim, upaya dan tekad Presiden pertama RI, Ir Sukarno saat Musyawarah Pimpinan Eksekutif Gerakan Pramuka di Jakarta tanggal 7 Agustus 1963, yaitu “berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita, agar sampai suatu ketika, setiap anak dan pemuda serta pemudi kita, baik yang mahasiswa dikota maupun penggembala kerbau didesa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan “Aku Pramuka Indonesia”, dapat terwujud.

“Untuk itu, empati dan peduli terhadap sesama, hendaknya merasuk dalam hati, menjadi jiwa dari kegiatan bhakti masyarakat. Disiplin hendaknya juga menjadi ruh dari setiap pemikiran, perkataan dan perbuatan, sebagai wujud karakter khas dari setiap Pramuka Jawa Tengah,” imbuhnya

Terpisah, Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin, M.Si menjelaskan, pada hari yang sama, Sabtu (27/8) Kwartir Cabang Tegal menerima pasukan ETK dari dua titik start yakni dari Kwarcab Brebes dan Kwarcab Kota Tegal.
“Kwarcab Pramuka Tegal dilewati pasukan ETK Kwarda Jateng selama 2 (dua) hari yaitu Sabtu (27/8) hari ini dan Minggu (28/8). Setelah menerima dari Kab. Brebes, ETK diarak melewati beberapa desa wilayah Kwarran / Kecamatan yakni Dukuhwaru – Adiwerna – Talang – Tarub.  Sedangkan titik start dari Kota Tegal akan disatukan di Kecamatan Kramat, dan malam harinya akan disemayamkan di Pendopo Kecamatan Kramat,” bebernya.

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan menambahkan, untuk menyemarakan ETK, pada persemayaman diisi dengan malam saresehan dan penyuluhan tentang Penyalahgunaan Narkoba, Wawasan Kebangsaan dan Pembinaan Karakter bangsa dengan Narasumber dari Kwarcab, Polsek dan Koramil. Selain itu, juga diisi dengan kegiatan bakti masyarakat dengan Pembuatan Jamban keluarga, donor darah dan lainnya bekerjasama dengan alumni FK Undip/ Ika Medica.

“Pagi harinya (Minggu-red), pasukan ETK akan diarak kembali melewati wilayah Kramat – Suradadi dan Warureja. Untuk selanjutnya diserahkan ke Kwarcab Pemalang oleh  Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah selaku Ketua Harian Mabicab,” katanya.

Menurut Khasan, ETK ke-33 mengambil Tema “Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda melalui ETK Pramuka. “ETK ke – 33 ini mengambil start dari 14 titik Kwarcab se Jateng, dan direncanakan finish 8 September 2016 mendatang, di Kabupaten Karanganyar sebagai pusat peringatan Hari Pramuka ke -55 tingkat Jawa Tengah,” Pungkasnya. (Nur Hasan/Humas Kwarcab Tegal)