Berita
Asyik Bermain dan Belajar di Alam Terbuka di Jamnas 2016

Jakarta – Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 merupakan sarana rekreasi edukatif (bermain dan belajar) di alam terbuka yang bertujuan membentuk watak, meningkatkan rasa kemandirian dan keterampilan. Sebanyak 25.000 pramuka tingkat penggalang dari seluruh Indonesia dilatih untuk itu di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Diharapkan melalui kegiatan Jamnas akan muncul rasa persaudaraan, kerukunan dan kedamaian sesuai dengan penghayatan pegamalan kode etik Dasa Dharma dan Tri Satya.

Berdasarkan video kiriman dari relawan media Kak Dirjo Saputro berdurasi 02:53 menit, adik-adik pramuka terlihat asyik dan antusias saat mengikuti berbagai kegiatan rekreasi edukatif di Jamnas. Baik dalam bentuk kegiatan dalam kemah di berbagai Kempi dan Kempa, maupun kegiatan diluar kemah.

Kegiatan dalam kemah misalnya membuat tenda, tandu, api unggun, kerajinan tangan, memasak, memanah, mendayung, melukis, memasak, dan pengetahuan belajar bertahan hidup di hutan.

Sedangkan kegiatan luar kemah adik-adik pramuka berkunjung ke beberapa lokasi wisata disekitar Jabodetabek dan berkunjung ke 12 Instansi pemerintahan.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault mengatakan, Pramuka saat ini sedang melakukan re-branding yaitu meningkatkan, mengembangkan dan memperbaiki citra pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal agar tidak terjebak dalam kegiatan rutinitas semata.

Menurut dia, kegiatan pendidikan di pramuka memang bersumber pada nilai pokok Dasa Darma dan Tri Satya, namun kemasannya harus sesuai tema keren, gembira, asyik mengikuti era kekinian.

“Sebab generasi muda saat ini adalah generasi digital dimana informasi bisa sampai dengan cepat pada siapa pun.
kemasannya harus sesuai tema keren, gembira, asyik mengikuti era kekinian,” kata Kak Adhyaksa.

Asyik Bermain dan Belajar di Alam Terbuka di Jamnas 2016. (Hendi/Humas Kwarnas)