Berita
37 Pramuka Raih Predikat Garuda

SLAWI – Sebanyak 37 anggota muda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal meraih predikat Pramuka Garuda. Mereka terdiri dari 12 Golongan Penegak dan 25 Golongan Penggalang. Penghargaan yang merupakan predikat tertinggi pada setiap golongan Pramuka usia muda tersebut diberikan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. Pengukuhan dilakukan oleh Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo,S.Pd mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal, Selasa (13/9) kemarin di Sanggar Pramuka setempat.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Pramuka Garuda yang disaksikan Pengurus Kwarcab Tegal, Pembina Gudep dan orang tua peserta didik. Menurut Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.Pd, Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

“Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda,” katanya.

Setelah mengajukan permohonan, lanjutnya, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. “Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, Gugusdepan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat,” tandasnya

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan mengungkapkan, pengukuhan Pramuka Garuda yang diberikan kepada Tiga Puluh Tujuh Pramuka golongan Penggalang dan Penegak berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Tegal Nomor 31 Tahun 2016.

“Penghargaan tertinggi Pramuka ini diberikan kepada 37 peserta didik (Pesdik) yang terdiri dari 12 golongan Penegak dari SMA 1 Slawi dan 25 Penggalang dari 3 pangkalan Gudep masing-masing SMP 2 Adiwerna  20 penggalang, MTs SA Miftahul Huda Cempaka 4 Penggalang dan SMP 2 Warureja 1 Penggalang,” katanya

Dia berharap, penghargaan kepada peserta didik seyogyanya lebih ditingkatkan lagi di masing – masing pangkalan Gugusdepan. Hal itu untuk memacu peserta didik yang telah dengan tekun mengikuti kegiatan Kepramukaan. “Dengan adanya penghargaan Garuda ini, diharapkan akan merangsang peserta didik lain untuk meraihnya,” pungkasnya. (Humas Kwarcab Tegal)